Fakta Unik Mengenai Kesehatan Melalui Kuku Anda







Pada dasarnya semua manusia normal pastilah mempunyai kuku, yaitu sebuah tulang lunak yang tumbuh dan keluar di setiap ujung jari-jari manusia. Dan tahukan anda tentang kuku-kuku kita tersebut? jika belum, simaklah artikel ini.


Apa Sih yang Seperti Bulan Separo di Pangkal Kuku?
Yang seperti bulan separo berwarna putih pucat di pangkal kuku disebut ”lunula”. Itu bagian kuku yang belum cukup mengeras dalam proses pertumbuhannya.
American Academy of Dermatology , perhimpunan dokter spesialis kulit di Amerika memberi fakta-fakta berikut tentang kuku manusia:




Kuku tumbuh sekitar 0,1 mm per hari.
Kuku jari tangan cenderung tumbuh sedikit lebih cepat dibanding kuku jari kaki.
Kuku jari kaki kurang lebih dua kali lebih tebal daripada kuku jari tangan.
Secara umum, kuku cenderung tumbuh lebih cepat selama musim panas dibanding musim dingin.
Kuku kaum laki-laki tumbuh lebih cepat dari kuku perempuan.
Kuku di tangan yang dominan cenderung tumbuh lebih cepat.

Mengapa sih ujung kuku kita berwarna putih?
Bagi teman-teman yang belum tahu, bagian berwarna putih berbentuk setengah lingkaran di ujung kita itu dinamakan Lunula. Bahasa latinnya Lunulae, yang berarti bulan kecil.
Lunula terletak di ujung kuku kita, persisnya di bawah kuku bersentuhan dengan kulit jari. Lunula merupakan bagian dari jaringan yang merupakan alas dari kuku. Jaringan ini dinamakan matrix. Lebar dan tebalnya kuku bergantung pada lebar dan tebalnya matrix. Matrixlah yang bertanggung jawab atas pembentukan sel yang akhirnya menjadi kepingan kuku. Persis di bawahnya terbentang jaringan pembuluh darah, oleh sebab itu kuku kita terlihat berwarna merah muda.
Lunula adalah bagian dari matrix yang terlihat oleh mata kita yang tidak memiliki jaringan pembuluh darah di bawahnya. Itulah megapa bagian tersebut berwarna putih. Lunula adalah bagian yang tersibuk dalam memproduksi kuku.
Pada rata-rata manusia, kuku tumbuh sepanjang 3 mm setiap bulannya, Kuku jari tangan tumbuh secara utuh selama 3 – 6 bulan, kuku jari kaki tumbuh lengkap selama 12 – 18 bulan.


Penyakit apa saja sih yang bisa kita lihat dari kuku?
ini nih penjelasan sekaligus gambarnya :


KUKU BERWARNA KUNING


Salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Semakin memburuknya infeksi bisa membuat kuku tidak tumbuh dengan sehat, menebal dan rapuh. Kuku kuning juga menunjukan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid parah, paru-paru, diabetes atau psoriasis.






KUKU KASAR



Jika permukaan kuku berkerut dan berbunyi jika diadu ini merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Perubahan warna kuku dapat terlihat merah kecokelatan.






KUKU KEBIRUAN



Kuku dengan warna kebiruan menandakan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru seperti pneumonia. Jika hanya sedikit kebiruan di ujung bawah kuku bisa juga menandakan diabetes.





KUKU RETAK




Kuku terlihat kering, rapuh dan sering retak telah lama dikaitkan dengan penyakit tiroid. Jika memberlah dan berwarna kuning ada kemungkinan ini karena infeksi jamur.





KUKU BENGKAK



Jika kulit di sekitar kuku terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan yang menunjukan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat.





KUKU BERGARIS HITAM



Periksakan segera jika ada garis hitam di kuku Anda. Ini terkait dengan gejala melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit dari jenis yang paling berbahaya.





KUKU PUCAT



Kuku berwarna pucat atau cenderung berwarna putih kadang-kadang terkait dengan penuaan. Tetatpi ada 4 penyakit serius yang mungkin saja ditandai dengan kuku berwarna pucat, ini misalnya: anemia, gagal jantung, pengidap penyakit hati atau juga gizi yang buruk.








KUKU PUTIH


Jika kuku berwarna putih dengan ujung atas berwarna gelap mengindikasikan adanya masalah pada hati, seperti hepatitis.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fakta Unik Mengenai Kesehatan Melalui Kuku Anda"

Posting Komentar